Sejarah dan manfaat jamur enoki

JAMUR ENOKI


Sejarah dan manfaat jamur enoki. Halooo Temen-temen, Kali ini saya akan menjelaskan tentang sejarah dan kandungan jamur enoki. Apa temen-temen tau bagaimana sejarah dan manfaat jamur enoki? jika belum, Yukk mari ikuti terus blog ini untuk penjelasan sejarah dan manfaatnya. Oh ya, sebelumnya saya juga menulis artikel tentang jamur tiram, bagi temen-temen yang ingin membaca tentang artikel jamur tiram silakan kunjungin halaman tentang apa itu jamur tiram?

Sejarah

Jamur enoki pertama kali dibudidayakan di Jepang karena memiliki nutrisi dan warna unik. Jamur ini telah dibudidayakan selama ratusan tahun karena sangat berperan penting dalam masakan China, Jepang, dan Korea. Tak hanya itu, jamur yang di Jepang dikenal dengan nama enokitake ini juga kerap menjadi bahan obat-obatan tradisional.


Taksonomi

Kerajaan            : Fungi
Divisi                 : Basidiomycota
Kelas                 : Homobasidiomycetes
Ordo                  : Agaricales
Famili                : Marasmiaceae
Genus                : Flammulina
Spesies              : Flammulina callistoporioides


Morfologi  

    Jamur enoki merupakan jamur pangan dengan tubuh buah berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Dikenal juga sebagai jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas. Di wilayah  beriklim sejuk, jamur tumbuh di alam bebas pada suhu udara rendah mulai musim gugur hingga awal musim semi. Jamur tumbuh di permukaan batang pohon Celtis sinensis (bahasa Jepang: Enoki) yang sudah melapuk, sehingga disebut Enokitake (jamur Enoki). Bentuk jamur yang ada di alam terbuka berdaun lebar dan berwarna coklat dan merah muda. Namun, jamur yang dibudidayakan memiliki bentuk menyerupai tauge, dengan batang putih halus panjang dan bentuk jamurnya bulat kecil seperti jarum pentul.

Kandungan dan manfaat 

  Jamur Enokitake mengandung banyak kandungan serat. Mengandung banyak protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B, serta mineral. Dalam satu mangkuk jamur mentah diperkirakan dapat menyediakan sekitar 20 kalori. Jamur ini juga tidak mengandung gula sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan juga dapat dijadikan pilihan bahan makanan untuk proses diet.
    Jamur Enoki juga mengandung senyawa flammulin yang merupakan senyawa anti kanker dan tumor. Jamur ini juga dipercaya dapat menstimulasi sistem imun dan juga memiliki aktivitas anti viral dan anti bakteri. 

Selain mempunyai kenikmatan dikonsumsi, Jamur enoki juga mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan diantaranya :

Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan vitamin dan nutrisi pada jamur enoki ternyata bisa menurunkan risiko terjadinya kanker pada tubuh kita. Jamur enoki yang dikonsumsi secara rutin, dapat menurunkan risiko terkena kanker karena dapat mengurangi pertumbuhan sel tumor dan sel kanker hati.

Mengandung Antioksidan

Jamur enoki mengandung beragam antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit. Antioksidan yang dikandung jamur enoki juga bisa meningkatkan fungsi otak dan menambah energi. Antioksidan dalam jamur enoki berupa asam galat yang bisa mencegah virus, bisa mengurangi alergi,dan bisa menurunkan tekanan darah.

Menyehatkan Pencernaan

Mengonsumsi jamur enoki secara rutin dapat menyehatkan saluran pencernaan. Karena jamur enoki mengandung serat yang bisa melancarkan buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, bisa menurunkan risiko terkena kanker usus dan membantu penyerapan nutrisi yang lebih maksimal.

Menyehatkan Jantung

Karena kandungan serat yang tinggi pada jamur enoki, proses metabolisme dan penyerapan kolesterol bisa dilakukan lebih cepat. Selain itu, pada jamur enoki juga mengandung senyawa polisakarida dan mikosterol yang berguna untuk menurunkan kolesterol tubuh. Oleh karena itu,  jika kolesterol di dalam tubuh terkendali, maka teman-teman bisa terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

jamur enoki mampu meningkatkan daya tahan tubuh, Hal ini karena kandungan protein pada jamur enoki yang bisa menambah tingkat kekebalan tubuh.Jadi dengan mengonsumsi jamur enoki bisa membuat kesehatan kita lebih terjaga dan tidak mudah sakit.


Terima Kasih, Semoga bermanfaat

follow ig : gubuk_farm

0 Response to "Sejarah dan manfaat jamur enoki"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel